Sabtu, 17 Juli 2010

M A Y A N

Gue baru aja selesai baca novel berjudul MAYAN, cerita novel ini hampir sama dengan cerita laskar pelangi, dan ternyata habis selesai baca novel gue baru nyadar ada tulisan di pojok atas kiri cover "LINI laskar Pelangi" tapi gue ngga tau maksudnya apa heheheeee.

Novel dengan cover berawarna kuning keorang-orangean yang melambangkan semangat ini menceritakan seorang anak perempuan China yang berjuang menuntut ilmu dan berjuang mengumpulkan uang dua yuan selama dua minggu buat membeli sebuah pena yang diinginkannya, demi mendapatkan dua yuan itu dia rela menahan rasa lapar selama dua minggu, dan hal itu tidak ia ceritakan kepada kedua orang tuanya, karena gadis kecil yang bernama Mayan itu tidak ingin melihat kedua orang tuanya sedih.

Perjuangan Mayan pun bukan hanya disitu saja, ia rela berjalan selama 5 jam hanya untuk pergi kesekolah sehingga kaki kecilnya bengkak. Dan perjuangan gadis itu juga selalu disertai dengan perjuangan seorang ibu yang selalu mendorongnya kuat dari belakang, atau menopangnya saat ia jatuh. Dengan kemiskinan yang menemani keluarga mereka, ayah dan ibu Mayan bekerja keras pagi sampai malam demi menyekolahkan anak-anaknya, meskipun harus menahan rasa sakit di perutnya, ibu Mayan rela pergi jauh dari keluarganya demi mendapatkan yuan-yuan.

Novel yang berasal dari kisah nyata ini sangat menyentuh dan membuat hati anda miris saat kalian menyelami kata-kata yang ada di novel tersebut. Oke selamat membaca ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar